Selamat Ulang Tahun Kabupaten Karimun Ke- 13, Semoga Karimun Maju di Segala Bidang Sesuai dengan Azam Kabupaten Karimun

Selasa, 16 Oktober 2012

Karimun Dalam Impian

Keindahan


Mungkin kalian masih ingat lagu nasional bangsa kita “Dari Sabang sampai Marauke”.  Lagu karangan R. Simanjuntak ini mencoba memberikan gambaran mengenai kondisi wilayah bangsa kita. Indonesia terdiri dari wilayah pulau-pulau sehingga membentuk satu kesatuan yaitu tanah air Indonesia yang kita cinta ini. Kondisi geografis wilayah kepulauan Indonesia menyimpan beribu-ribu bahkan jutaan pesona keindahan alam yang terkandung di dalamnya.
Sebelumnya tak pernah terbayangkan oleh kita. Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki kurang lebih 17.000 buah pulau dengan luas daratan 1.922.570 km2 dan luas perairan 3,257.483 km2. Hal ini menunjukan bahwa negara kita adalah negara yang besar. Sungguh beruntung sebagai anak bangsa, kita dilahirkan di Negara yang kaya akan potensi sumber daya alam ini.

Berbicara mengenai wilayah kepulauan Indonesia, saya akan sedikit bercerita mengenai daerah tempat kelahiran saya yaitu Tanjung Balai Karimun. Terletak di paling ujung barat wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Karimun berbatasan langsung dengan negeri jiran Malaysia dan Singapura. Luas wilayah daratanya 275 km2 membuat pulau ini terlihat sangat kecil di peta dunia. Namun, daerah ini selalu di padati oleh kapal-kapal pelayaran nasional maupun internasional. Kekayaan alam yang terkandung di bumi berazam ini yaitu sumber daya alam granit dan timah.
Kemajuan
Keberagaman suku, adat istiadat dan budaya menjadi keindahan tersendiri ketika berada di karimun. Masyarakat keturunan melayu, Jawa, Padang, Flores, dan China saling berbaur menciptakan kehidupan harmonis di masyarakat. Mereka saling hidup berdampingan, sikap toleransi selalu di tampakan ketika ada kegiatan keagamaan maupun kegiatan kebudayaan.

Sebagai generasi muda Karimun. Aku mempunyai tanggung jawab untuk membangun daerah ku. Dan aku pun bermimpi agar kelak daerah ku dapat maju berkembang sama seperti daerah lainnya, bahkan lebih hebat lagi. Sektor pariwisata yang bisa menggemparkan dunia, Sumber Daya Manusia yang cerdas Kreatif dan Mandiri karena pendidikan yang begitu maju dan modern tanpa melupakan adat dan budaya, perekonomian yang maju dan stabil hingga menjadi pusat perdagangan dunia. Yah, Beban ini berada di tangan pemuda-pemuda karimun. Itulah mimpi ku untuk Karimun, semoga aku kelak bisa mewujudkannya.   Amiin...

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.