Selamat Ulang Tahun Kabupaten Karimun Ke- 13, Semoga Karimun Maju di Segala Bidang Sesuai dengan Azam Kabupaten Karimun

Senin, 15 Oktober 2012

Sejarah Batu Limau




Sejarah Batu Limau


Mendengarkan saja nama dari daerah ini sudah pastinya sedikit bertanya di dalam hati kenapa daerah ini dinamakan batu limau..begitu lah untuk pertama kalinya saya mendengar akan daerah ini.Daerah ini adalah sebuah pulau kecil di Tanjung batu kundur kepulauan riau..Daerah yang Warga aslinya adalah Masyarakat Melayu.
Untuk mencapai pulau ini Kita haruslah menuju ke dermaga kecil yang biasa disebut pelabuahan alai.yang juga biasa di gunakan warga atau para wisatawan untuk  pergi kepulau ini..Alai adalah sebuah desa jalur utama kita untuk mencapai ke batu limau..jika kita dari pelabuhan tanjung batu cukup berjalan sekitar lima menit untuk sampai ke pelabuhan ini.sesampainya pelabuhan ini cukup dengan Rp 3000  per orang dengan menggunakan boat dengan waktu lima belas menit sampai lah kita di Desa alai.
Pemandangan Batu Limau

Sesampainya di desa alai  untuk mencapai ke Batu limau kita bisa menggunakan jasa  tukang ojek ataupun berjalan kaki, sambil menikmati indah alam sekitar dan menghirup udara yang segar karena memang daerah ini masih banyak pepohonan yang besar dan tidak adanya polusi udara.dan juga anda bisa sambil melihat rumah rumah tua khas melayu namun masih berdiri kokoh.juga masyarakatnya ramah dan mudah senyum..cukup mengasyikkan perjalanan ini.
Sampailah kita di tempat yang kita tuju untuk pertama memandang anda akan melihat begitu banyak bebatuan yang terdapat di pinggiran laut..namun anehnya batu batu yang terdapat disitu semua berbentuk layaknya bentuk aslinya..misalnya ada batu kemaluan laki laki ada batu lesung ada juga batu perewangan (Batu dimana orang zaman dahulu meminjam mangkuk periuk dan lain sebagainya dengan ghaib untuk acar besar) dan kelihatanlah sebuah batu besar yang ternyata  batu limau.yang di gunakan masyarakat disini sebagai nama tempat disini.
Layaknya Batu malin kundang Di Sumatra barat.batu disini juga menyimpan sebuah cerita,Konon pada masa kerajaan Riau-Lingga dahulu,Datang lah serombongan Kerajaan Riau-Lingga dengan sebuah kapal untuk bersandar kepulau ini.Namun pada suatu hari sang Raja berkeinginan untuk berburu kehutan.hingga berangkatlah sang raja kehutan untuk berburu.namun ketika sang raja semsampainya di hutan tiba tiba hati sang raja mendadak menjadi Resah dan sangat Gelisah sekali.dengan ini sang raja memutuskan untuk berbalik ke kapal.Namun setibanya di dalam kapal, alangkah terkejutnya sang Raja melihat sang permaisurinya tengah bermesraan dengan panglimanya.dan sang raja sangat Marah dan murka.dengan kesaktian dan kekuatannya ditendanglah kemaluan panglima dan permaisuri sehingga keluar dari kapal dan kemudian menjadi batu.tidak cukup sampai disini di pecahkan nya kapal dan seisi kapal sehingga apa saja yang terkena pukulan dan tendangan sang raja maka akan menjadi batu.
Batu Limau Bersejarah

Makanya banyak kita temukan berbagai macam batu disini,Dengan ini kejadian ini mengingatkan dan memberi pesan kepada kita Untuk tidak berbuat zina.karena dosanya juga yang begitu besar yang kita akan tanggung di akhirat nanti.
Inilah kisah dari batu limau tersebut semoga bisa menjadi pesan yang begitu bermakna buat kita semua.semoga suatu hari anda juga bisa melihat langsung atau berwisata ke daerah ini...disarankan jika anda ingin datang ke daerah ini dan melihat begitu banyak bentuk bentuk batu ini.
 Dengan adanya sejarah Batu Limau ini. Kita dapat mengetahui sejarah mulanya nama sebuah pulau yang unik ini. Dan kita dapat membuktikannya degan adanya batu-batu yang beragam bentuk. Dapat juga kita mengetahui larangan yang harus kita jauhi karna akan ada azab yang di tanggung apabila dilakukan.
Pengetahuan ini menambah ilmu sejarah yang ada di Karimun ini. Masih banyak lagi yang dapat kita ketahiu dari sejarah-sejarah lainya yang ada di Karimun ini. Pastinya dengan bekal ilmu pengetahuan yang kita punya.
a

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.