Selamat Ulang Tahun Kabupaten Karimun Ke- 13, Semoga Karimun Maju di Segala Bidang Sesuai dengan Azam Kabupaten Karimun

Senin, 15 Oktober 2012

Pulau Tulang Jadi Desa Sadar Wisata


Pulau Tulang


Pulau Tulang dan Pulau Parit di Kecamatan Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, ditunjuk Dirjen Promosi Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Kepariwisataan menjadi desa sadar wisata.
"Penunjukan Pulau Tulang dan Pulau Parit menjadi desa sadar wisata berdasarkan usulan dari Dinas Pariwisata. Kami bersyukur Dirjen Promosi Pariwisata menyetujui usulan kami," kata Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Karimun Syuryaminsyah di Tanjung Balai Karimun, Jumat.

Penunjukan kedua pulau itu diharapkan menjadi proyek percontohan bagi desa lain dalam menggarap potensi wisata pantai dan wisata kuliner.
Pulau Tulang dan Pulau Parit terkenal dengan pantai berpasir putih. Setiap tahun di dua pulau diselenggarakan lomba sampan layar dan perahu jong (perahu mini tanpa awak) yang diharapkan menjadi objek wisata andalan bagi kabupaten setempat.

Di dua pulau tersebut, juga terdapat wisata kuliner, seperti kue bangkit dan aneka jenis kue lainnya yang juga dapat dijadikan kuliner unggulan.
''Karena sudah ditunjuk sebagai desa sadar wisata, kedua pulau atau desa itu mendapat kucuran dana dari pusat sebesar Rp70 juta per tahun, " katanya.
Dana itu diperuntukkan bagi pengembangan sarana prasarana pendukung. Kalau pemanfaatannya berhasil dan tepat sasaran, maka terbuka kemungkinan kedua desa itu mendapatkan dana tersebut pada tahun berikutnya.
Selain Pulau Tulang dan Pulau Parit, pihaknya juga akan mengusulkan Pulau Buru dan Kecamatan Durai sebagai desa sadar wisata pada tahun depan.
Pulau Buru yang memiliki objek wisata air panas juga diproyeksikan sebagai desa wisata yang dapat menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara.
Objek wisata air panas di pulau tersebut juga telah dilirik investor Malaysia untuk pembangunan resor dan 'homestay' bagi wisman berusia lanjut.
Sedangkan di Durai, juga terdapat Pantai Telunas di Pulau Telunas yang tak kalah menariknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.