Selamat Ulang Tahun Kabupaten Karimun Ke- 13, Semoga Karimun Maju di Segala Bidang Sesuai dengan Azam Kabupaten Karimun

Senin, 15 Oktober 2012

Makanan Khas Karimun


kalau anda penggemar masakan melayu dan anda adalah perantau yang jauh dari kampung halaman silahkan waspada karena jika anda melihat foto2 makanan ini semua, hasrat anda untuk segera pulang dan meminta ibunda anda memasakny untuk anda. karena saya tinggal dipulau jawa mencari makanan ini sangat susah sekali. dikarimun sendiri berbeda dengan daerah lain, mungkin jika di bandung untuk sarapan adalah nasi, tapi di karimun sarapan pagi seperti kuih muih(epok-epok,putu piring,roti goreng,dll) serta makan lainnya seperti nasi lemak,lakse,pulut berinti,dll.mungkin barang siapa berminat datang ke tanjung balai karimun, jangan lupa cicipi makanan khas yang enak , lezat dan penuh cita rasa ini. yang pasti dijamin anda ketagihan. mungkin sedikit berbagi resep barangkali ada yang ingin mencoba.. nice try ^^

1. NASI GORENG KAMPUNG

nasi goreng ini memang makanan biasa tapi nasi goreng kampng ini memiliki bumbu sederhana dan simple dengan aroma khas yaitu belacan (terasi).



2. ROTI KIRAI/ROTI JALA

makanan ini sungguh-sungguh sedap, makanan melayu itu selalu simple tapi rasanya dahsyat. bentukny yang unik pun bikin kita semakin penasaran untuk menambah terus.
Roti Jala khas Timur tengah yang bentuknya menyerupai jala.Roti ini juga disajikan sebagai pendamping kari atau Gulai.

3.ROTI PRATA

Roti Prata merupakan santapan yang dapat disajikan pada saat sarapan, makan siang atau bahkan pada saat makan malam. Roti Prata ini biasanya disajikan bersama kari atau Gulai.
4.GULAI ASAM PEDAS

mungkin kita sering mendengar masakan gulai ikan, tapi masakan gulai khas kepulauan riau berbeda dengan masakan gulai lainnya, rasany yang lezat sekaligus bikin kita ingin berulang-ulang untuk menghirup kuahnya, terasa sangat segar. pada umumnya kunci kenikmatan gulai asam pedas melayu adalah ikan laut yang segar.

5. MI LENDIR

tempat favorit saya makan mi lendir adalah di dkt pasar sri karimun, samping mesjid. rasanya sungguh sedap. sesungguhnya mi lendir ini awalny populer ditanjung pinang. namun makin lama makin berkembang di batam dan karimun juga.
6. LEMANG

lemang adalah makan kuih muih yang ada di karimun,biasanya lemang dimakan atau dibuat disaat moment - moment tertentu. sperti puasa dan lebaran. lemang dibuat degan cetakan bambu.

7.SIPUT SEDOT DAN GOBAK SAGU(LENDOT)

kalau lagi musim siput biasa nya mama selalu masak siput sedut, dengan menggunakan santan dan pucuk paku terasa lemak dan lezat. terkadang ada momen-momen tertentu kita berkumpul keluar memasak "lendot". lendot makanan dengan bahan siput namun menggunakan sayur kangkung dan tepung sagu rasanya melayu banget. (kiri : gobak sagu , kanan: siput sedot)

8.LAKSA

laksa ada dua macam ada laksa kuah dan laksa goreng, laksa ini adalah mi yang dibuat dari sagu, makanan khas melayu ini sangan sederhana namun memiliki rasa yang gurih dan mantap. biasanya laksa disajikan beserta sambal belacan(terasi).

9.SIPUT GONG-GONG

makanan siput gong-gong memang tidak bisa ditemukan kecuali di lautan kepulauan riau khususnya tanjung pinang. gong-gong sangat populer menjadi makanan khas KEPRI.meskipun cuma direbus rasanya sangat enak dan alami sekali.

10.MI SIAM KUNING

mi siam ini makanan yang terbuat dari bahan mi suun, berwarna kuning dan biasa disajikan bersama kuah tauco

11.NASI LEMAK

Biasanya nasi lemak dimakan pada saat pagi hari atau untuk sarapan, nasi ini dimasak menggunakan santan, sambal bilis dan telur.

12.PACRI NANAS

makanan pacri nanas biasa selalu disajikan pada saat kenduri, masakan melayu adalah masakan yang penuh lemak dan berkolesterol, sehingga berkemungkinan untuk kolesterol tinggi, dan nanas merupakan buah yang bisa mengurangi kolesterol, untuk itu biasanya orang melayu selalu menyajikan pacri nanas di acara-acara tertentu.

13.KUE PULUT BERINTI

Inilah makanan khas kepulauan riau dan terkhusus tanjung balai karimun, tanjung balai karimun adalah daerah yang ada di KEPRI yang masih kental dengan budaya melayu nya. di atas adalah makanan-makanan yang khas ada disana. maka jika anda berkunjung ke karimun jangan lupa mencobanya.

Makanan-makanan ini harus selalu dilestarikan. Dengan pengetahuan yang baik. Kita dapat juga mengembangkan makanan khas Karimun ini dengan memperkenalkan kepada khalayak agar lebih dapat dikenal ke belahan dunia manapun.


2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.